Tipe Kepemimpinan

Tipe-tipe pemimpin dari beberapa faktor yang menyebabkan seseorang dapat menjadi pemimpin yaitu :
1.        Leader by the position achieved (Seseorang yang menjadi pemimpin dikarenakan posisi yang diperolehnya).
Contohnya : Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono adalah Presiden RI ke enam dan Presiden pertama yang dipilih langsung oleh Rakyat Indonesia. Bersama Drs. M. Jusuf Kalla sebagai wakil presidennya, beliau terpilih dalam pemilihan presiden di 2004 dengan mengusung agenda "Indonesia yang lebih Adil, Damai, Sejahtera dan Demokratis", mengungguli Presiden Megawati Soekarnoputri dengan 60% suara pemilih. Pada 20 Oktober 2004 Majelis Permusyawaratan Rakyat melantik beliau menjadi Presiden. Pada tanggal 20 Oktober 2009, Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono kembali di lantik sebagai Presiden RI untuk periode 2009-2014, setelah bersama pasangannya Prof. Dr. Boediono memenangkan Pemilihan Umum Presiden pada 8 Juli 2009 dalam satu putaran langsung dengan memperoleh 60,80%, mengalahkan pasangan Megawati Soekarnoputri-Prabowo Subianto dan Muhammad Jusuf Kalla-Wiranto.


2.        Leader by personality, charisma (Seseorang yang menjadi pemimpin dikarenakan kepribadiannya yang menonjol atau kharisma yang dimilikinya.
Contohnya : Ahmad Dinejad merupakan seseorang yang menjadi pemimpin dikarenakan kepribadiannya dan kharisma yang dimilikinya.

3.      Leader by moral example (Seseorang yang menjadi pemimpin karena memiliki moral yang baik, menjadi contoh moral bagi banyak orang.
Contohnya : Nabi Muhammad

4.  Leader by power held (Seseorang yang menjadi pemimpin dikarenakan kekuasaan yang dimilikinya.
Contohnya : Muammar Khadafi



5.        Intellectual leader (Seseorang kemampuan intelektualnya.)
Contohnya : Seorang pejabat staf khusus di Bappenas.

6.        Leader becouse of ability to accomplish things (Seseorang yang menjadi pemimpin dikarenakan keberhasilannya mencapai prestasi tertentu.)
Contohnya : Stephen Gerrald, pria bertinggi badan 188 cm, sampai sekarang masih bermain untuk Liverpool F.C. sejak tahun 1997.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah : Media Critical Theory

MAKALAH TWITTER

Teori Komunikasi BAB III Tradisi-tradisi Komunikasi (Semiotika, Fenomenologi, Sibernetika, Sosiopsikologi)