MAKALAH TWITTER

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI

FENOMENA FOLLOWERS TERBANYAK DI INDONESIA

MAKALAH

Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Mata Kuliah





Disusun oleh:

Desisi Normalia

NIM. 1011-101004

Semester III

SEKOLAH TINGGI ILMU KOMUNIKASI WANGSA JAYA SERANG-BANTEN

2011



BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar belakang

Manusia adalah mahluk sosial. Karakter ini ternyata tetap muncul dalam dunia teknologi informasi khususnya internet. Seperti yang telah kita ketahui internet telah merubah cara orang-orang untuk berinteraksi, bekerja dan berkomunikasi. Perbedaan budaya, letak geografis dan jarak ternyata tidak membuat intensitas serta kualitas interaksi menjadi berkurang. Saat awal-awal berkembangnya teknologi internet, e-mail merupakan teknologi yang dirasakan sangat signifikan merubah cara orang-orang untuk berkorespondensi dan berinteraksi. Berikutnya dengan gelombang internet teknologi Web 2.0 terdapat suatu fenomena yang cukup menarik, yaitu situs jejaring sosial (Social Networking Web).

Dengan situs web tersebut kita dapat bergabung dengan komunitas pengguna situs tersebut. Mungkin sebagian besar pengguna komunitas yang kita kunjungi adalah rekan-rekan kita atau bisa jadi teman baru yang kita kenal di dunia “maya”. Situs jejaring sosial marak bermunculan beberapa tahun belakangan ini. Ibaratnya bagaikan suatu ruangan yang sangat luas di “dunia internet”, tempat berkumpul banyak orang yang sudah kita kenal atau barangkali ingin kita kenal. Kita juga bisa “mengundang” orang-orang yang kita kenal tapi belum tergabung dengan komunitas jejaring sosial tersebut untuk ikut bergabung. Selanjutnya dalam komunitas jejaring sosial kita bias bertukar informasi, berkomunikasi secara virtual,membentuk sub-sub komunitas berdasarkan kesamaan suatu hal. Banyak lagi kegiatan interaksi yang bisa dilakukan tergantung fasilitas yang disediakan masing-masing situs. Boleh jadi awalnya situs-situs jejaring sosial isinya lebih banyak terkait hal-hal yang sifatnya kesenangan dan nostalgia tapi selanjutnya terjadi perkembangan yang mengarah ke arah profesionalisme. Mungkin awalnya situs-situs jejaring sosial hanya mewadahi untuk sekedar komunitas biasa, komunitas pertemanan atau nostalgia ria. Ternyata situs-situs jejaring sosial mulai bertransformasi menjadi tempat untuk melakukan kontak bisnis ataupun komunitas-komunitas yang lebih serius.

1. Pengenalan

Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jaringan sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan atau tweets. Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut atau Followers

2. Sejarah

Twitter berawal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan ide Twitter dimana individu bisa menggunakan SMS layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Proyek ini dimulai pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006. Twitter menjadi perusahaan sendiri pada bulan April 2007.

Popularitas Twitter mulai meningkat pada tahun 2007 ketika terdapat festival South by Southwest (SXSW). Selama acara tersebut berlangsung, penggunaan Twitter meningkat dari 20.000 kicauan per hari menjadi 60.000. Reaksi di festival itu sangat positif. Pada tanggal 14 September 2010, Twitter mengganti logo dan meluncurkan desain baru.

3. Pertumbuhan

Sudah lebih dari 400.000 kicauan dikirim-tampil (post) per kuartal pada tahun 2007. Kemudian berkembang menjad 100 juta kicauan dikirim-tampil per kuartal pada 2008. Pada akhir tahun 2009, 2 miliar per kuartal kicauan sudah dikirim-tampil. Pada kuartal pertama tahun 2010, 4 miliar kicauan yang dikirim-tampil. Pada bulan Februari 2010 pengguna Twitter mengirimkan 50 juta per hari. Pada Juni 2010, sekitar 65 juta kicauan yang dikirim-tampil setiap hari, setara dengan sekitar 750 kicauan dikirim setiap detik, menurut Twitter.

Pengguna Twitter akan menjadi lebih aktif ketika ada kejadian menonjol. Sebagai contoh, rekor diciptakan pada Piala Dunia 2010, ketika penggemar menulis 2940 kicauan per detik di kedua periode 30 setelah Jepang mencetak gol melawan Kamerun pada tanggal 14 Juni 2010. Rekor dipatahkan lagi ketika 3085 kicauan per detik yang dikirim-tampil setelah kemenangan Los Angeles Lakers di Final NBA 2010 pada tanggal 17 Juni 2010. Hal ini pun terjadi ketika penyanyi Michael Jackson meninggal dunia pada tanggal 25 Juni 2009, server Twitter turun karena pengguna memperbarui status mereka untuk memasukkan kata-kata "Michael Jackson" pada tingkat 100.000 kicauan per jam.

B. Perumusan Masalah

1. Siapakah 10 besar orang yang banyak pengikut atau followers di Indonesia?

2. Bagaimana mereka dapat memiliki banyak pengikut atau followers?

3. Apakah manfaat menggunakan Twitter?

C. Tujuan

Adapun tujuan dalam penulisan makalah ini adalah :

1. Untuk memenuhi tugas dari dosen mata kuliah Perkembnagan Teknologi Komunikasi

2. Sebagai penambah ilmu dan wawasan bagi kita semua khususnya dalam bidang perkembangan teknologi komunikasi

3. Sebagai penambah wawasan tentang dunia jejaring sosial Twitter, dan fenomena-fenomena sosial lainnya.

BAB II

PEMBAHASAN

A. 10 besar orang pengikut atau followers terbanyak di Indonesia

Kini setiap orang sepertinya tidak dapat lepas dari jejaring sosial dan telah menjadi gaya hidup jaman sekarang. Media sosial Twitter diikuti 106 juta pengguna atau sekitar seperempat dari jejaring sosial Facebook. Mereka dari latar belakang berbeda seperti artis, politikus, dan kaum bisnis seakan berlomba menancapkan pengaruhnya dalam laman mikroblog kata maksimal 140 karakter ini. Berikut ini adalah akun Twitter dengan pengikut atau followers terbanyak di Indonesia pada 2011. Jumlah pengikut ini bisa diartikan sebagai penanda kepopuleran mereka.

1. Sherina Munaf (@sherinamunaf)

Musician, Singer, Founder of THUMBALIP Story Lab (@thumbalip), Science Enthusiast, Feminist, Skeptic, Retired Ballerina & KungFu Student. http://www.sherinamunaf.com

Tweets: 10.942, Followers : 2.025.650

2. Agnes Monica (@agnezmo)

DREAM, believe, and make it happen!, http://www.agnesmonicaofficial.com

Tweets : 9.103, Followers : 1.702.366

3. Vidi Aldiano (@vidialdiano)

2nd Album, #YangKedua, is out NOW! :D Grab it fast! :) • Contact person : @bibitmu Website : www.vidialdiano.com Youtube : www.youtube.com/vidie1 http://www.vidialdiano.com

Tweets : 16.348, followers : 1.433.347

4. Denny Ch Pratama (@pepatah)

Yang muda, Yang bijaksana. Tak bermaksud menggurui, hanya ingin berbagi. Contact Person: aidi@pepatah.com, http://www.pepatah.com

Tweets : 13.789, Followers : 1.355.513

5. Raditya dika (@radityadika)

Penulis yang sering kehabisan shampoo. Buku baru: Manusia Setengah Salmon, terbit 24 Desember 2011. http://www.radityadika.com

Tweets : 24.998, Followers : 1.346.545

6. Irfan Bachdim(@IrfanBachdim10)

Like Rev Run & Ryan Babel says Dont feel offended if i don't reply or follow back, i appreciate every follower and thanks for those who Support !!!

Tweets : 978, Followers : 1.259.810

7. Arief muhammad (@Poconggg)

Penulis tanpa tangan. http://www.poconggg.com

Tweets : 15.501, Followers : 1.201.298

8. Afgansyah reza (@afgansyah_reza)

Performer & brand ambassador.Life is unpredictable,but i enjoy every bit of it. Spread the love! Cp: +62813 82015516,+628158115929.

Tweets : • 4.954, Followers : 1.190.730

9. Bambang Pamungkas (@bepe20)

Pribadi yang selalu berusaha untuk berpikir positif, percaya diri dan optimis. http://www.bambangpamungkas20.com

Tweets : 11.094, Followers : 1.093.659

10. Olla ramlan (@olla_ramlan)

Allah is my Lord, Islam is my life, Qur'an is my guide, Prophet Muhammad is my role model, and Heaven is my goal!

Tweets : 20.025, Followers : 999.128

B. Cara memiliki pengikut atau followers banyak.

Bila dilihat dari data diatas, dapat dilihat bahwa 90% dari orang yang memiliki followers terbanyak adalah artis atau publik figure. Yang notebennya sudah sangat dikenal ataupun sedikitnya mengetahui tentang mereka. Dan ada juga para atlit nasional seperti Irfan Bachdim dan Bambang Pamungkas. Namun Danny Ch. Pratama dan Arief Muhammad, mereka bukanlah publik figure maupun Atlit terkenal. Mereka hanyalah masyarakat biasa yang menggunakan jejaring sosial Twitter dengan aktif dan dengan cara berbeda. Bila publik figure ataupun atlit terkenal cukup mudah mendapatkan followers karena menggandalkan terkenalnya lewat profesinya.

Sherina Munaf, seorang penyayi dan bekas artis cilik ini memiliki followers terbanyak di indonesia, mungkin tidak sulit baginya untuk mendapatkan followers karena profesinya. Salah satu alasan banyak yang menjadi followers-nya adalah karena disetiap isi tweet-nya selain mengenai kesehariannya sering juga dia melontarkan kata-kata bijak yang cenderung memperlihatkan kepribadinya yang cerdas serta berinteraksi dengan para penggemarnya. Sherina di tahun 2011 ini dinobatkan menjadi The Twitter Princess oleh majalah Roling stone karena memiliki followers terbanyak. Memiliki followers terbanyak juga berdampak pada karirnya sekarang sehingga kini dia banyak menjadi brand ambasador beberapa produk.

Namun masyarakat biasa pun sebenarnya bisa mendapatkan followers yang banyak seperti Danny Ch. Pratama dan Arief Muhammad. Danny Ch Pratama misalnya, dia masyarakat biasa namun dia mengatur cara tweet-nya dengan cara berbeda, dengan nama Twitternya @Pepatah dia mengisi tweet-nya dengan pepatah-pepatah yang membangun dan positif. Sehingga, banyak yang tertarik dan akhirnya semakin banyak followers-nya.

Tidak jauh berbeda dengan Arief Muhammad, awalnya dia tidak terang-terangan menggunakan namanya di Twitter, dia menggunakan nama @poconggg sebagai identitasnya. Yang membuat banyak orang yang menjadi pengikut account ini adalah keunikan dari isi tweet ini. Selain mengaku sebagai setan dengan nama @poconggg, dia bercerita susahnya mati sebagai pocong dan cerita-cerita humornya yang terkadang tidak jelas, dengan gaya bahasa anak muda sekarang, seperti galau dan jomblo ngenes yang identik dengannya. Berhasil mempertahankan identitasnya sebagai @poconggg sejak tahun 2009, akhirnya Agustus 2011 terbongkar identitasnya. Karena sempat menjadi topik hangat di Twitter atas terbongkar identitasnya, sekarang dia diminta stasiun televisi swasta untuk memandu acara yang bernama Ketemu Pocong atau KEPO.

Memiliki pengikut atau followers yang banyak juga diinginkan oleh para pengguna Twitter lainnya. Oleh karenanya tidak sedikit orang melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan Denny Ch. Pratama sebagai @Pepatah dan Arief Muhammad sebagai @poconggg. Sehingga banyak dijumpai account Twitter dengan tema atau mengatur isi tweet-nya dengan pepatah, kata-kata gombal, humor, ataupun memberikan ilmu pengetahuan.

Penulis akan sedikit menjelaskan kenapa suatu account dibanjiri banyak followers. Diantaranya adalah :

1. Profil lengkap

Berikan informasi yang jelas pada akun Twitter, tergantung pada apa yang promosikan (diri sendiri, perusahaan atau produk). Jika seorang penulis, sebaiknya menuliskan nama lengkap atau nama dari buku. Dalam profil, deskripsikan siapa diri dengan singkat dan jelas. Jangan lupa menggunakan foto diri yang paling menarik sebagai avatar di Twitter.

2. Informatif

Orang menjadi followers orang lain karena mereka tertarik dengan cara orang tersebut berbicara. tidak perlu nge-tweet 50 kali dalam sehari untuk menarik perhatian, namun lakukanlah saat informasi yang relevan yang akan berguna bagi para follower .

3. Jadi followers

Perlu juga menjadi followers orang lain untuk menarik perhatian mereka (karena notifikasi akan muncul di email-nya). Idealnya, menjadi followers orang lain sebanyak orang lain mem-follow kita, namun tidak wajib mem-follow orang yang sudah menjadi followers kita.

4. Mengobrol

Twitter dibuat untuk satu grup chat yang besar. Pelajari tentang RT (Retweet) dan hashtags (#) sehingga bisa berkomunikasi dengan pengguna Twitter lain yang belum mem-follow.

5. Bangun Rencana

Membuat akun Twitter tentu dengan niat tertentu. Jika berniat untuk mempromosikan suatu produk, maka gunakanlah akun tersebut dengan sebagaimana mestinya. Hindari nge-tweet tentang panasnya sinar matahari atau macetnya jalanan. Dengan konsisten nge-tweet sesuai dengan tujuan awal, maka akan mendapatkan pasar yang tepat.

6. Gunakan situs follower adder..

Untuk mendaptkan followers yang banyak, silakan membuka situs Twiends, sebenernya banyak situs atau tool untuk menambah atau mencari followers dengan cepat, salah satunya adalah Twiends. Dengan menggunakan ini, setiap member Twiends wajib mem-followback. Jadi kalau kita follow seseorang hampir dipastikan dia akan follow kita juga.

C. Manfaat Twitter

Situs microblogging 140 karakter yang terbilang efektif dalam menyampaikan berbagai informasi. Berikut beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari Twitter, yaitu :

1. Media silaturahmi

Dengan mem-follow dan di-follow oleh keluarga dan teman-teman dapat dengan mudah berbagi informasi dengan mereka. Keuntungan yang ditawarkan olehTwitter adalah Anda hanya perlu sekali mengirim suatu informasi, dengan seketika informasi tersebut disampaikan kepada kerabat. Dan dengan mudah juga dapat mengetahui apa yang dipikirkan oleh kerabat dan mereka sedang berada di mana melalui update yang mereka kirimkan.

2. Mendapatkan berita terkini

Ada begitu banyak media cetak dan elektronik yang aktif di Twitter memfollow mereka untuk mengetahui berbagai berita terkini. Bukan hanya berita politik dan ekonomi, kita juga dapat mengetahui kondisi lalu lintas (@tmcpoldametro,) dan bencana alam (@infogempabmg) yang terjadi di sekitar. Sehingga sebelum sesuatu yang buruk terjadi sudah dapat melakukan tindakan antisipasi.

3. Mendapatkan motivasi

Ada banyak motivator baik dalam dan luar negeri yang rutin membagikan kata-kata motivasi di akun Twitternya (@tonyrobbins, @johncmaxwell, @tungdw, @nutrisijiwa). Silahkan follow mereka untuk mendapatkan semangat yang baru setiap hari.

4. Sumber pemecahan masalah

Twitter itu gudangnya orang-orang intelek. Di sana dapat menemukan orang-orang yang ahli di bidangnya masing-masing, dari ahli pemasaran offline (@jamesgwee, @hermawank) hingga pakar pemasaran online (@joelcomm, @problogger) ada di Twitter.

5. Sumber penghasilan

Dari nge-tweet kita dapat mendapatkan uang. Ada banyak program pay per-tweet baik dalam maupun luar negeri yang bersedia untuk membayar kita untuk setiap iklan mereka yang kita tweet. Untuk yang lokal ada @idblognetwork. Saat ini ada yang dibayar Rp. 150.000,- per-tweet yang kirimkan melalui @nutrisijiwa. Ingin penghasilan tambahan? Silahkan bergabung di idblognetwork.com.

6. Untuk Promosi.

Sebagian orang memakai Twitter untuk berbagi artikel mereka lewat tweet stream. Twitter juga dianggap media yang cocok untuk mempromosikan buku atau event-event yang digelar dari segala penjuru dunia.

7. Menyelamatkan Lingkungan.

Twitter-pun bisa membantu kita untuk menyelamatkan lingkungan. Pasanglah status berisi ajakan untuk melestarikan bumi kita. Internet menyediakan links dan berbagai tips yang bertujuan demi keselamatan bumi.

8. Membantu Korban Bencana.

Lewat situs microblogging satu ini kita mampu membantu korban bencana alam dengan menjadi perantara akan apa yang mereka butuhkan. Aksi ini sangat efektif dan sudah dibuktikan oleh sejumlah akun saat bencana Merapi beberapa saat lalu.

9. News Feed.

Jadilah yang pertama mendapatkan informasi dari sumber terpercaya dan sebarkan pada teman-teman.

10. Sebagai Galeri.

Twitter pun bisa menjadi ajang showcase karya yang dihasilkan, khususnya bagi designer dan artis, layaknya galeri. Mengirimkan link yang mengarah pada situs berisi karya-karya menarik atau mengumumkan waktu pameran di Twitter, akan menjadi sesuatu yang bermanfaat.

11. Sebagai Ruang Humor

Dapat membuat status lucu atau memberikan link ke situs-situs humor dan follower pun akan ikut terhibur.


BAB III

PENUTUP

A. Kesimpulan

Selain memiliki fungsi sebagai media interaksi sosial, situs-situs jejaring sosial punya fungsi sebagai media komunikasi yang efektif bagi pemerintah untuk mendapatkan masukan langsung dari masyarakatnya. Sudah banyak situs jejaring sosial yang terkenal, seperti Twitter.

Bisa dibilang, fenomena jejaring sosial di dunia maya adalah bentuk lain dari wadah reunian para anggotanya. Banyak teman-teman lama yang sudah hitungan tahun tidak pernah kontak, dipertemukan dalam forum aplikasi jejaring sosial ini. Sehingga, dengan berbagai kemudahan dan variasi yang diberikan, semakin naik daun saja popularitas dari layanan itu. Tentunya hal tersebut membawa berkah tersendiri baik bagi pengembang dan pemakainya. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimanapun juga sebuah teknologi adalah fasilitas yang dapat digunakan sesuai penggunanya. Kehadiran situs jejaring sosial ini dapat memberikan keuntungan dan kerugian tergantung cara pemanfaatannya. Dan semoga kita menggunakannya untuk produktifitas dan kebaikan bagi banyak pihak.

B. Saran

Perlu belajar menggunakan jaringan internet secara bijak sehingga kita tidak menjadi orang yang mencandu akan jejaring sosial. Sebaiknya para pengguna situs jejaring sosial ini tidak harus berhenti total untuk tidak menikmati situs tersebut, namun lebih bijak kalau secara perlahan untuk menguranginya yaitu dengan mengurangi jam bermain Twitter.

DAFTAR PUSTAKA

Zubyte, http://zubyte.mywapblog.com/10-orang-pengguna-twitter-indonesia-deng.xhtml, Diakses 10 November 2011, pukul 13.00 WIB

http://Wikipedia/twitter, Diakses 10 November 2011, pukul 13.00 WIB

http://adasensasi.blogspot.com/2011/04/daftar-10-akun-twitter-dengan-follower.html, Diakses tanggal 10 November 2011, pukul 20.00 WIB

http://www.iniunik.web.id/2011/06/5-cara-mendapatkan-banyak-follower-di.html#axzz1dvwtGdol, Diakses tanggal 12 november 2011, pukul 19.00 WIB

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah : Media Critical Theory

Teori Komunikasi BAB III Tradisi-tradisi Komunikasi (Semiotika, Fenomenologi, Sibernetika, Sosiopsikologi)