Analisis Feature



A.     Judul
      Bisnis Hiburan Malam “Cukup dengan Ping”
Bila dilihat dari judul, cukup menarik apalagi dengan adanya kata “Ping” membuat beberapa orang tertarik untuk mengetahui maksud dari judul tersebut, walaupun banyak beberapa orang yang tidak paham dari kata Ping itu sendiri.
            Ping adalah salah satu fitur dari Blackberry Messenger untuk memanggil orang yang belum kunjung balas, atau seperti layaknya Yahoo Messenger itu “Buzz”.
            Bila dilihat dari judul tersebut termasuk dalam aspek-aspek Kreativitas, yang mendorong si penulis menciptakan judul yang kontras atau sesuai dengan gaya pergaulan yang ada sekarang, atau lebih gaya hidup orang metropolitan yang kebanyakan menggunakan HP Blackberry.

B.      Lead
            Lead disini cukup menarik karena diawal kalimat terdapat nama artis dangdut, Inul Daratista. Dari situ kita mendapat kedekatan emosi karena merasa mengenak sosok tersebut, ini dapat dipilih untuk menyentak pembaca dan mengajak pembaca untuk terus menggelitik rasa ingin tahu mereka. Apalagi dari Lead tersebut sudah sedikit menceritakan si subjek dan objek pembicaraan yang akan dibahas.

C.      Tubuh
            Kalimat awal dimulai dengan nama seorang selebritis, yaitu Anya Dwinov, Maia Estiany dan Olga Lydia. Disitu semakin membuat pembaca tertarik untuk mengetahui gaya hidup serta bisnis si subyek tersebut. Walaupun di paragraph selanjutnya terdapat nama-nama yang yang tidak terlalu terkenal namun ahli dibidangnya, memiliki daya tarik yang cukup tinggi. Dan objek yang dibahas adalah malam tahun baru, semua tempat hiburan malam disebu banak pengunjung.
            Menurut Nelson, ada 5 bentuk diagram psikologis dan yang termasuk dalam  tubuh ini adalah, kerangka yang mengimplikasikan 2 tahap pengumpulan materi, yang disusun secara bergantian atau sesuatu yang factual.
            Bisa dilihat dari feature tersebut, isinya terdapat beberapa subjek yang dibahas secara bergantian serta dengan pembahasan  atau objek yang melatar belakagi isi dari cerita tersebut.

D.     Penutup
            Dari penutup cerita tersebut cukup menimbulkan kesan mendalam dan kuat dibenak pembaca.  Dan antara lead dan tubuh saling berkaiatan sehingga isinya terdiri dari ringkasan fakta penting dari keseluruhan feature.
            Dan dapat mendeskripsikan atau gambarakan bahwa, karaoke dan lounge tidak hanya menjadi tempat clubbing dan renzevous tetapi juga sebagai tempat arisan dan memecahkan masalah seperti yang dilakukan Wanda hamidah seorang, seorang   berserta teman-temannya dari  fraksi-fraksi yang lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah : Media Critical Theory

MAKALAH TWITTER

Teori Komunikasi BAB III Tradisi-tradisi Komunikasi (Semiotika, Fenomenologi, Sibernetika, Sosiopsikologi)