Minggu, 11 Maret 2012

Tips Merawat Gigi Palsu


Merawat gigi palsu tak sama dengan merawat gigi asli. Anda perlu rajin membersihkan karena perlindungan dari kuman tidak datang dengan sendirinya. Merawat gigi palsu sama halnya seperti merawat gigi. Penting juga merawat gusi dengan rajin menyikat gusi, lidah dan langit-langit sebelum Anda memasang gigi palsu.

Inilah beberapa tips untuk merawat gigi palsu.

1. Saat Anda melepaskan gigi palsu, letakkan di atas handuk atau mangkuk berisi air. Ini untuk menghindari supaya tidak jatuh dan putus.

2. Simpan gigi palsu dalam air hangat atau cairan pembersih gigi tiruan semalam. Jangan tempatkan dalam air panas dan jangan biarkan mereka kering.

3. Bersihkan gigi palsu setiap hari. Membersihkan gigi palsu membantu mencegah gigi bernoda dan menjaga mulut Anda tetap sehat. Caranya: Bilas gigi palsu Anda untuk menghilangkan partikel makanan yang menyangkut. Sikat setiap permuakaan, gosok dengan lembut untuk menghindari kerusakan. Gunakan sikat gigi yang dirancang khusus untuk gigi palsu atau sikat gigi dengan bulu lembut.

4. Ganti gigi palsu setiap lima tahun karena Anda menggunakannya setiap hari.

5. Periksa gusi Anda setiap hari sebelum memasukkan gigi palsu ke dalam mulut. Jangan biarkan gusi Anda bengkak atau merah sebelum memakai gigi palsu. Jika kemerahan tidak hilang dalam beberapa hari, hubungi dokter Anda. Bercak putih di bagian dalam pipi juga bisa menunjukkan gigi palsu kurang pas.

6. Berikan mulut Anda minimal enam jam untuk beristirahat dari gigi palsu setiap harinya.

7. Jangan gunakan gigi palsu yang agak kebesaran. Rasakan saat Anda makan. Memang butuh waktu untuk membiasakan diri dengan gigi palsu, tapi jika masih mengalami kesulitan setelah beberapa minggu pertama lebih baik diskusikan dengan dokter Anda. Jangan mecoba untuk "memperbaiki" gigi palsu Anda sendiri.

Sumber by TRIBUNNEWS.COM

0 komentar:

Poskan Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung ke Blog saya..

mudah-mudahan bermanfaat ^_^