MAKALAH MANAJEMEN RADIO

DATA RADIO

Nama Badan Penyelengara : PT. RADIO PAHLA BUDI SAKTI

Call Station : RADIO PBS

Cal Sign : PM 3 FSI

Frekuensi ` : 104.8 Mhz

Alamat Studio : Jl. Ciwaru Indah No. 10 Kota Serang-Banten

Telepon : 0254-203822, 205979

Fax : 0254-205978

Anggota PRSSNI : No : 053-215978

General Manager : Maman Katiman

Bagian Iklan : Dedi Romdani, S. Sos

Kekuatan Pemancar : 5000 WATT

Daerah Jangkauan : Serang, Cilegon, Pandeglang, Rangkasbitung dan Sekitarnya.

Waktu Siaran : 05.15 s.d 24.00 (kecuali acara khusus s.d jam 03.00)


BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar belakng Masalah

Media sudah menjadi bagian kehidupan sehari-hari orang Indonesia pada umumnya. Sehingga kita sulit membayangkan tanpa adanya koran pagi, majalah gossip, televisi yang menayangkan sinetron artis kesayangan, serta radio yang dapat menemani sambil melakukan aktifitas.

Disini penulis mengangkat masalah Media Massa Radio. Pada awalnya radio disaat masa kemerdekaan sebagai alat komunikasi dengan masyarakat luas untuk menginformasikan keadaan negara saat itu, sehingga masayrakat dapat menerima perintah untuk menyerang penjajah dan lain-lain berkat siaran radio. Dan radio pertama di Indonesia adalah Radio Republik Indonesia (RRI).

Dijaman modern seperti sekarang, radio kian terdesak dengan televisi, namun tetap banyak memiliki penggemar. Kecendrungannya adalah jangkauan siaran radio kian meyempit sehingga yang paling mampu bertahan adalah radio-radio yang hanya melayani suatu wilayah kecil. Contohnya seperti di Kota Serang dengan salah satu radionya yang akan penulis bahas yaitu Radio PBS FM Serang.

B. Sejarah

Radio PBS FM Serang didirikan dengan akte pendirian No. 129 tertanggal 11 Agustus 1972 dengan nama PT. PAHLAWAN BUANA SUARA BROADCASTING SERVICE, untuk pertama kalinya mengudara di Jl. Pahlawan No. 10 Rangkasbitung Kab. Lebak, dengan Frekuensi 648 KHz dengan panggilan Radio PBS. Dan panggilan sapa kepada pendengar adalah Jaka dan Dara.

Dengan perkembangan bisnis maka pada pertengahan tahun 1984 Radio PBS dipindahkan ke Serang dengan mengontrak tempat di Jl. KH. Abdul Hadi No. 106 Serang dan menposisikan pada segment menegah keatas. Setelah 7 tahun berada di Jl. KH. Abdul hadi kemudian pada tahun 1991 pindah ke Jl. Ciwaru Raya No. 10 Serang menempati gedung sendiri.

Dengan makin murahnya radio penerima FM dan mengikuti perkembangan teknologi maka pada tanggal 27 November 1996 Radio PBS pindah ke jalur FM dengan Call Sign PM3 FSI dan bekerja pada frekuensi 104.80 MHz hingga sekarang. Mengingat masyarakat Serang banyak yang menggemari lagu Pop dan dangdut yang terutama pada tahun 1990-an merajai musik tanah air maka PBS menggambil segment menengah ke bawah untuk menyeimbagi segmentasi musik dangdut dan masyarakat Banten, terutama Serang kemudian setelah diubahnya Frekuensi, Radio PBS FM pun mengganti panggilan sapa kepada pendengarnya yang sebelumnya Jaka dan Dara, lalu diubah menjadi Warga Banten.

Radio PBS FM Serang sempat berganti manajemen sebanyak tiga kali, namun dalam radio PBS Fm sendiri tidak terlalu mengalami dampak yang berpengaruh. Kemudian karena mengalami pergantian manajemen radio PBS FM yang sebelumnya bernama Pahlawan Buana Suara, diubah menjadi Pahla Budi Sakti.

Radio PBS FM termasuk dalam suatu jaringan radio network (manajemen) dan dikenal dengan sebutan Holding Company. Namun dalam tiap-tiap Radio yang berada didalamnya tetap memiliki PT (Perseroan Terbatas) sendiri-sendiri, radio Network atau Holding Company hanya mengatur manajemen, memantau dan membina radio ke arah yang lebih baik. Dan nama Holding Company tersebut adalah PT. Media Network and Consulted, yang didalamnya terdapat 6 radio network diantaranya adalah Radio PBS FM Serang, Radio TOP FM Cilegon, Radio TOP FM Semarang, Radio TOP FM Denpasar, Radio MERCURY FM Ujung Pandang, Radio ANUGRAH FM Palu.

C. Company Profile

a. Sekilas Tentang Banten

Propinsi Banten ditetapkan berdasarakan undang-undang Nomor 23 tahun 2000 tentang Pembentukan Propinsi Banten dengan wilayah meliputi Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kota Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Tangerang Selatan, Kota Cilegon. Dan Beribukotakan Serang.

Wilayah Banten berada pada batas astonomi 5° 7’ 50’-7° 1’ 11” Lintang Selatan dan 105° 1’ 11”-106° 7’ 12” Bujur timur, berdasarkan UU RI Nomor 23 tahun 2000 luas wilayah Banten adalah 9.683,48 Km2. Secara wilayah pemerintahan Provinsi Banten terdiri dari 3 Kota, 4 Kabupaten. 154 Kecamatan, 262 Kelurahan dan 1.241 Desa. Banten dengan segenap derap pembangunannya di berbagai sektor, makin diakui sebagai daerah yang sangat berpotensial sebagai pusat industri pariwisata dan perdagangan yang terbaik. Disampng itu masyarakat banten mengkonsumsi berbagai produk setiap harinya, untuk mandi, sikat gigi, mencuci, memasak, berdandan, berpakaian dan lain-lain.

Anda bisa mempertimbangkan potensi pasar melalui media kami, hubungi kami untuk propaganda komersial anda sekarang juga dan dapatkan manfaat ptomosi yang yang efektif segera.

b. Visi Misi

  • · Memberikan informasi yang aktual dan cepat
  • · Menghibur masyarakat Banten
  • · Dan memperluas wawasan masayrakat Banten.

c. Sajian acara

Kawasan Banten dengan hiruk-pikuk aktifitas masyarakatnya ditengah-tengah pembangunan industri yang semakin hari semaki berkembang dengan pesatnya. Seiring dengan kondisi perkembangan tersebut masyarakat kota Serang pun secara dinamis mengaktualisasikan diri seiring dengan gerak langkah kemajuan kotanya. Aktualisasi diri untuk pemenuhan penghidupan, pengejaran karir, pemenuhan kehidupan bersosialisasi, berkebudayaan dalam segala bentuk usaha selalu menuntut kesungguhan dan kerja keras. Selama kota Serang beraktifitas kami turut menemani selama seminggu penuh dengan serangkaian sajian acara untuk mendukung harapan dan cita-cita usaha anda, karena kami cukup mengerti untuk melayani masyarakat dinamis di kawasana industri berikut komposisi sajian dan sajian tetap kami :

Hiburan

Komersial

Pendidikan

Informasi

Penerangan\Berita

60%

20%

7%

5%

8%


Pop Indonesia

Barat

Daerah

Dangdut

30%

30%

10%

30%

12 sd.d 20 th

20 s.d 25 th

25 s.d 35mth

35 s.d 45 th

20%

30%

30%

20%


Wanita

Menengah

Menengah Ke Atas

35%

45%

20%


Wanita

Pria

60%

40%

d. Program Acara

Materi Acara Hariann:

1. Mutiara Pagi (05.15-06.00)

2. Selamat Pagi Banten (06.00-09.00)

3. Dendang Dan Informasi (09.00-11.00)

4. GAUL : Goyang Aksi Untuk Lagu Karaoke (11.00-12.00)

5. Sesanjan (12.00-15.00)

6. Jalan-Jalan Sore (JJS) (15.00-18.00)

7. Citra Nuansa (18.00-21.00)

8. Citra Nada Nostalgia (21.00-24.00)

Sajian Istimewa:

1. PBS Indie Banget (Rabu) 15.00-18.00

2. Seni Sunda jaipongan (Selasa & Kamis) 21.00-03.00

3. Slank & Slankers (Jum’at) 15.00-17.30

4. Tangga Lagu Dangdut/Selendang (Sabtu) 09.00-10.00

5. Raja& Ratu Dangdut (Sabtu) 10.00-12.00 (Audece Gol/Usia : 20-45 tahun)

6. 10 HIT PBS FM (Sabtu) 12.00-13.00

7. JJS LIVE (Sabtu) 15.00-17.30

8. Irama Persada (Minggu) 12.00-15.00

9. Iwan Fals On the AIR (Minggu) 15.00-18.00

10. PBS Café Dangdut (Minggu) 09.30-11.30

11. Acara Sisipan Setiap Menit Ke-30

e. Ketentuan Pemasangan Iklan

1. Pemberian order & materi selambat-lambatnya 1 minggu sebelum waktu pengudaraan (tidak mengudaranya iklan karena keterlambatan peyerahan materi adalah diluar tanggungjawab kami)

2. Pembatalan order minimum 1 minggu sebelum mengudara. Pembatalan kurang dari 1 minggu atau ditengah kontrak berlangsung dikenakan charge 20% dari pemasangan.

3. Pembauyaran selambat-lambatnya 3 bulan setelah penerimaan kwitansi penagihan/ langsung ditransfer melalui rekening PT. RADIO PAHLA BUDI SAKTI SERANG.

4. Discount maksimun 20% berlaku hanya bagi biro iklan.

5. Pembuatan kwitansi/ faktur pajak baru, karena hilang atau adanya kesalahan akibat kelalaian pihak klien, dikenakan biaya administrasi Rp. 10.000,- per kwitansi/ faktur.

f. Tarif Iklan dan Sponsorship Tahun 2010

Tarif iklan

Spot lepas

Prime Time

06.00 – 10.00

Dan 15.00-18.00

Regular Time

10.00 – 15. 00

Dan 18.00 – 24.00

Spot lepas 30 detik

Rp. 100.000,-

Rp. 75.000,-

Spot lepas 60 detik

Rp. 150.000,-

Rp. 125.000,-

Talk show 60 menit

(Bloking Time)

Rp. 1.500.000,-

Iklan Baca (Ad-libs) : Rp. 50.000,-

Biaya Pembuatan Spot : Rp. 750.000,-

JENIS SPONSOR PROGRAM

TARIF

Sponsor Program Harian

Per 30 menit (3spot) + adlibs

Rp. 7.500.000,-/ bulan

Sponsor Program Mingguan

Per 30 menit (3 spot) = adlibs

Rp. 1.000.000,-/ paket

BAB II

ISI DAN PEMBAHASAN

Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan pengawasan sumber daya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Penulis akan menjelaskan fungsi-fungsi manajemen berdasarakan Poscord yaitu Planning, Organizing, Staffing, Leading, Coordinating/Controling dan Directing.

A. Planning dan Budgeting

Planning adalah penentuan serangkaian tindakan untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan. Sedangkan,Budget adalah salah satu bentuk dari berbagai macam rencana yang mungkin dibuat, namun tidak setiap rencana dapat disebut budget. Suatu rencana baru dapat dikatakan budget, apabila dinyatakan dengan uang.

Untuk menyusun suatu planning dan budget secara terpadu sehingga menjadi suatu rencana yang realistis, fleksibel dan dapat dilaksanakan secara kontinyu, harus memperhatikan faktor sebagai berikut :

1). Produk/Jasa;

2.) Pasar;

3). Rencana Produksi;

4). Financial;

5). Marketing/ Pemasaran.

1). Produk/Jasa

Radio PBS FM Serang merupakan usaha di bidang jasa penyiaran. Radio adalah Teater of mind, yang artinya disaat kita mendengar cerita/kabar yang disampaikan di radio kita dapat merasakan emosinya atau terbawa suasana dan bermain dengam pikiran, menurut Maman Katiman, Dirut PBS FM Serang.

Minat masyarakat untuk mendengar Radio di Provinsi Banten terutama Kota Serang masih sangat tinggi hingga kini. Walau waktu dimasa televisi swasta baru bermunculan sekitar tahun 1990-an, Usaha dibidang jasa penyiaran ini sempat mengalami beberapa transisi yang tidak mengenakan. Namun dengan berjalannya waktu radio tetap memiliki tempatnya tersendiri dihati masyarakat dan memiliki penggemar yang cukup banyak.

Radio PBS FM Serang memiliki karakteristik yan berbeda dari radio-radio lain, radio PBS FM memiliki acara-acara yang khas dan memikat minat para fanatisme pencinta lagu-lagu tertentu. Misalnya PBS FM sengaja membuat acara Slank & Slanker yang siar setiap hari Jum’at, jam 150.00-17.30. acara tersebut mengajak dan mempengaruhi para pendengar yang pecinta Band Slank agar menjadi pendengar setia Radio PBS FM. Selain acara Slank & Slanker, terdapat juga acra seperti Iwan Fals ON the Air, Raja & Ratu Dangdut, Seni Sunda Jaipongan dan PBS Indie banget.

Acara-acara tersebut merupakan salah satu strategi bisnis untuk memikat minat masyarakat untuk mendengar radio PBS FM. Untuk memikat minat pendengar radio pun harus memiliki strategi lain seperti kualitas suara yang baik, jaringan yang kuat dan mudah dicari, penyiar yang aktraktif dan dinamis serta pemilihan waktu-waktu yang tepat.

Banyak radio di kota Serang khususnya, memutrkan lagu-lagu yang sama dan cara pembawaan acaranya pun tidak jauh berbeda. Disitu sebagai pengusaha jasa penyiaran dituntuk untuk kreatif untuk mengemas acara-acara atau program-programnya. Sebagai contoh pisang goring. Dikupas kulitnya, dicelupkan ke terigu kemudian di goreng jadilah pisang goreng. Namun para pengusaha harus dituntut kreatif sehingga membuat sesuatu yang berbeda dengan membutuhkan modal tambahan dan jadilah kreasi terbaru. Seperti pisang dikupas kulitnya, dipotong-potong kecil, kemudian terigunya digiling dan digoreng, jadilah pisang molen. Padahal tetap pisang goreng hanya saja menggunakan kratifitas dan modal tambahan, menurut Maman Katiman, Dirut PBS FM Serang.

Dengan jam siaran harian biasa mulai dari jam05.15 sampai jam 24.00 dan sampai jam 03.00 pada acara khusus. Sedangkan pada bulan Ramadhan mulai dari jam 06.00 sampai jam 24.00, kemudian siaran kembali pada jam 02.00 sampai jam 04.00. dirasa PBS sudah dapat menemani masyarakat untuk memenuhi kebutuhan akan informasi dan hiburan.

2). Pasar

Radio PBS FM merupakan radio yang menjuru kepada semua kalangan dan semua usia.segmentasi pasrnya lebih ke kalangan menengah ke bawah. Acara-acara yang disajiakan tersedia untuk semua jenis usia mulai dari acara yang menyajikan lagu-lagu pop Indonesia dan barat yang lebih banyak diminati oleh anak-anak muda. Lagu-lagu daerah dan lagu-lagu nostalgia yang banyak diminati oleh orang-orang dewasa dari umur 25 tahun ke atas.

Untuk pemilihan lokasi usaha, pada saat tahun 1991 daerah Ciwaru Raya masih merupakan daerah yang sangat sepi, namun setelah berkonsultasi kepada BAPEDA (Badan Perencanaan Daerah|) bahwa kedepannya daerah Ciwaru Raya merupakan daerah yang ramai akan lahan bisnis, seperti yang bisa dirasakan pada saat ini begitu bayak toko-toko dan warung usaha makanan yang didirikan di Daerah Ciwaru Raya. Dan karena tempatnya tepat di pinggir jalan, faktor itu semakin membuat daerah ini strategis sehingga mempermudah rekan bisnis untuk mengetahui lokasi Radio. Maka sejak tahun 1991 radio PBS FM pindah ke Jl. Ciwaru Raya No. 10 Serang dengan menempati Gedung sendiri.

3). Perencanaan Produksi

Dalam perencanaan produksi membutuhkan alat-alat dan perlengkapan lainnya yang dibutuhkan agar terjadinya sebuah produksi :

Alat-alat Yang Dibutuhkan :

· Tower Radio

· Pemancar radio

· Mixer 2 unit

· Pemancar mini 1 unit

· Mic Zernhaizer 2 buah

· Headphone 4 buah

· Komputer 6 unit

· Telephone 3 unit

· Modem1 unit

· Fax 1 unit

· AC 4 unit

· Handphone opasional 1 buah

· Kendaraan operasioanl 2 buah mobil

· Dan lainnya

Perlengkapan untuk operasioanl Radio :

· Kursi

· Meja tamu

· Sofa

· Meja kerja

· Lemari/rak arsip

· Dan lain-lain

4). Financial

Faktor ini dapat dikatakan sebagai faktor yang paling dominan pengaruhnya terhadap perencanaan yang disusun manajemen yakni, modal awal. Menurut Maman Katiman selaku Dirut Radio PBS FM, modal awal pembuatan radio ini adalah sekitar Rp. 5.000.000, itu di tahun 1972. Menurutnya radio adalah usaha yan murah, bahan bakunya hanya lagu dan pembicaran penyiarnya saja. Sehingga beliau tertarik mendirikan usaha radio. Namun bila mendirikan radio di zaman yang serba modern seperti sekarang perkiraanya sebagai berikut :

· Sewa Kantor : Rp. 20.000.000

· Peralatan Radio : Rp. 800.000.000

· Perlengkapan : Rp. 30.000.000

· Gaji Karyawan : Rp. 40.000.000

· Operasional Kantor : Rp. 10.000.000

· Dana Simpanan Selama 1 Tahun : Rp. 600.000.000

Sehingga, Modal Awalnya Rp. 1.500.000.000

5). Marketing/Pemasaran

Sebagai media pemasaran, Radio PBS tidak perlu lagi melakukan pemasangan iklan di koran-koran, karena Radio PBS itu sendiri sudah sangat terkenal khususnya di kota Serang. Bahkan para calon pemasang iklan itu sendiri yang datang. Salah satu keunggulan berlokasi di pinggir jalan adalah secara tidak langsung menghemat biaya pemasaran atau promosi karena mudah dicari dan diketahuai banyak orang.

Namun untuk pemasaran radio untuk perusahaan agar memasang Produknya di radio, para sales datang langsung ke kantor pusat yang biasanya bertempat di Jakarta. Dan iklan-iklan yang dipasang di PBS adalah iklan-iklan nasional, yang ditujukan kepada semua orang bukan kepada satu daerah saja.

Namun para pemasang iklan kini jeli untuk memastikan radio mana yang akan mereka pasang iklannya. Ternyata setelah diamati,mereka mensurvei radio mana yang lebih banyak digemari masyarakat agar sasaran penjualan produk atau jasanya tepat sasaran. Biasanya mereka dalam mensuplai barang khusus untuk produk, menjalankan sales-sales untuk memasarkan produknya ke toko-toko dan warung-warung. Disitu para sales mendapat tugas tambahan untuk mensurvei radio mana yang sering didengar oleh masyarakat. Sehingga mereka memiliki catatan tersendiri mengenai radio-radio dari hasil survi tersebut.

B. Organising

Manajer atau pimpinan harus menyusun suatu struktur organisasi yang tepat, sesuai dengan tujuan yang dikehendaki dan struktural organisasi yang tepat. Dan dibagi sebagai berikut :

Keterangan:

· Direktur Utama (1 orang)

· Penaggung Jawab Keuangan (1 orang)

· Pembukuan (1 orang)

· Kasir/ Penagih (2 orang)

· Penanggungjawab Iklan (1 orang)

· Sales (1 orang)

· Penaggung Jawab Trafic (1 orang)

· Penaggngjawab Siaran (1 orang)

· Music Diretor (1 orang)

· Penyiar (10 Orang)

· Penaggungjawab Teknik (2 Orang)

· Personalia (1 Orang)

· Receptionis (1 Orang)

· Pembantu Umum( 2 Orang)


C. Staffing

Pimpinan menunjuk orang yang tepat, berkualitas dengan memberi motivasi berupa imbalan yang sesuai. Dengan klasifikasi staf yang baik salah satunya seperti :

· Semangat, bekerja sama dan ramah.

· Punya kemauan untuk belajar.

· Mampu Berbahasa dengan Baik

· Kestabilan emosi dan sopan.

· Bersifat loyal, inisiatif, pertimbangan yang baik dan kepandaian bergaul.

· Berwawasan luas

· Minimal pendidikan SLTA dan memiliki keahlian khusus (Khusus Penyiar Radio).

· Minimal Pendidikan D3 untuk karyawan staff dan administrasi

Tugas-tugas setiap bagiannya :

· Direktur Utama : Tugasnya memantau para karyawannya, memerintah dan menentukan keputusan tertinggi di perusahaan.

· Penaggung Jawab Keuangan : Tugasnya mengatur pemasukan dan pengeluaran Radio.

· Pembukuan : Tugasnya membantu penanggungjawab Keuanagan untuk membuat laporan keuangan

· Kasir/ Penagih : Tugasnya menagih para rekan bisnis seperti pemasang klan untuk membayarkan sisa pembayrannya yang sudah jatuh tempo.

· Penaggung Jwab iklan : Tugasnya bertanggung jawab akan pembuatan iklan dan mencari perusahaan untuk membuat iklan.

· Sales : Tugasnya mencari iklan dengan dating ke kantor pusatnya

· Penaggung Jawab Trafic : Tugasnya mengatur Trafic iklan yang akan diputar di radio.

· Penanggungjawab Siaran : Tugasnya bertanggung jawab akan bahan siaran, acara-acara serta para penyiarnya.

· Music Director : Tugasnya mengatur lagu-lagu apa saja yang akan diputar, sehingga lagu-lagu yang diputar di radio bukan sembarang lagu. Kecuai acara request.

· Penyiar : Tugasnya membawakan acara yang isinya menyampaikan informasi dan hiburan. Peran peyiar dalam radio sangatlah penting. Sebab berhasilnya suatu acara yang disajikan merupakan hasil dari cara memmbawakan acara sang penyiarnya. Setiap pentiar yang diterima di Radio PBS selalu diberi pelatihan terlebih dahulu selama 3 bulan baru setelah itu dilepas untuk bersiaran sendiri. Penyiar pun dapat menjadi Staf tetap, namun dengan persyaratan khusus dan gajinya diluar dari gaji penyiar.

· Penaggungjawab Teknik : Tugasnya mengontrol, merawat dan memperbaiki mesin-mesin serta alat-alat radio.

· Personalia : Tugasnya memantau semua karyawan agar menjalankan tugas sesuai dengan bidangnya.

· Receptionis : Tugasnya menerima tamu serta menerima pesan-pesan yang masuk.

· Pembantu Umum : Tugasnya membantu setiap bagian yang membutuhkannya.

D. Leading/ Coordinating/Controling

Maman Katiman adalah pendiri Radio PBS FM pada tahun 1972 yang dulunya pertama kali mengudara Rangkasbitung kab. Lebak dengan frekunsi 648 KHz dengan nama Radio Pahlawan Buana Suara dan disingkat PBS FM. Dengan latar belakang pendidikan di bidang Mesin. Beliau menyukai dunia radio dan sangat menyukai elektronik. Pada masa tersebut radio-radio komesrsial mulai banyak didirkan karena mulai ada peraturan pemerintah Nomor. 55 Tahun 1970 diharapkan yang bermain di dunia radio, yang dimasa itu kebanyakan terdapat radio-radio amatir yang tidak berorientasi pada bisnis dan hanya sekedar menyalurkan hobi. Maka dibuatlah peraturan untuk radio swasta agar melengkapi administrasi seperti perijinannya Akte Notaris dan tercantum dalam UU Penyiaran terutama pada pasal 14 ayat 10 tentang Ketentuan mengenai lembaga penyiaran publik dan Pasal 29 ayat 2 tentang ketentuan lebih lanjut mengenai tata cara dan persyaratan izin lembaga penyiaran.

Maman Katiman termasuk orang yang aktif di organisasi dan perkumpulan institusi-institusi penyiaran. Terbukti seperti terpilihya Maman Katiman sebagai Katua Persatuan Radio Siaran Swasta Indonesia (PRSSI) cabang Provinsi Banten serta Direktur seluruh Radio Jaringan (network).

Seorang pimpinan dapat memperlihatkan kepemimpinannya yang mantap dan dinamis secara tegas dan terbuka. Hubungan beliau dengan para karyawannya cukup dekat, dan seolah-olah tidak membatasi dengan jabatannya ysebagai directur utama yang sering digambarkan orang bersikap agogan. Sehingga kelancaran suatu pekerjaan mempermudah setiap karyawannya untuk berhubungan langsung dengannya. Hambatan-hambatan pun jarang dirasakan, memang setiap usaha pasti ada hambatan namun dengan lancaranya komunikasi antara bawahan dan atasan mebuat hambatan tersebut terpecahkan dengan mudah

E. Directing

Seorang pemimpin harus senantiasa mengadakan pengawasan yang bersifat dinamis dan selalu mengusahakan adanya feedback dari bawahan. Seperti mengadakan pengawasan terhadap produksi serta mengontrol kinerja para bawahan agar menghasilkan kinerja yang baik dan sesuai dengan tujuan usaha.

F. Report

Reporting atau pelaporan adalah salah satu fungsi manajemen berupa penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan atau pemberi keterangan mengenai sagala hal yang bertalian dengan tugas dan fungsi-fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi, baik secara lisan dan tulisan sehingga dalam penerimaan laporan dapat memperoleh gambaran bagaimana pelaksanaan tugas orang yang memberi laporan.

Dalam struktur organisasi terdapat bagian keuangan yang bertugas membuat pembukuan pada setiap bulannya, mencatat pengeluaran radio serta pemasukan radio dari iklan-iklan yang masuk, kemudian dilaporkan kepada Directur utama.

Gaji-gaji karyawan di radio cukup bervariasi jumlahnya. Untuk penyiar radio kebanyakan mereka hanya karyawan Part Time yang upah per-jamnya mulai antara Rp. 7.000 S.d Rp. 10.000 sehingga bila mereka tidak masuk serta hari-hari libur tidak dihitung. Sistem kerja mereka kontrak selama 3 tahun, bila dirasa cukup berpotensi kontrak kemungkinan akan diperpanjang.

Berbeda denga karyawan-karyawan Staff dan Adminstrasi, mereka bersifat karyawan tetap gajinya diatas UMR kemudian mendapatkan tunjangan-tunjangan seperti Transport,Makan dan Kesehatan dan gaji mereka dihitung perbulan.

Untuk operasional kantor cukup besar jumlahnya. Untuk pembayaran listriknya saja Rp. 8.000.000 belum lagi ditambah untuk membayar telepon, internet, kendaraan operasional, perawatan mesin dan lain-lain. Sehingga bila diperkirakan jumlahnya mengenai sekitar Rp. 10.000.000

Dan setelah diperhitungkan total target pamasukan per-bulannya harus mencapai sekitar Rp. 55.000.000. Menurut Maman Katiman Dirut PBS FM, mereka tidak jarang harus nombok untuk membayar gaji karyawan dan produksinya. Terutama pada bulan-bulan Desember sampai sekitar bulan April, merupakan bulan-bulan sedikitnya pemasukan dan ini selalu terjadi setiap tahunnya. Ini dikarenakan pada bulan Desember banyak perusahaan yang sedang sibuk mengurus keuangannya untuk tutup buku tahunan. Dan pada bulan-bulan Januari sampai April disebabkan banyak perusahaan yang baru membuat rencana kerja sehingga untuk memasang iklan jadi terhambat.

BAB III

KESIMPULAN DAN SARAN

Dalam bab terakhir ini, penulis akan mencoba menarik kesimpulan dan berusaha memberikan saran yang dipandang perlu dalam rangka membangun usaha Jasa Penyiaran dengan baik.

A. Kesimpulan

Usaha jasa penyiaran pada masa modern sekarang ini persaingannya sangat ketat bahkan di kota Serang khususnya. Bisa dibayangkan dari junlah penduduk Serang yang sebayak 2 juta jiwa didalamnya terdapat 9 radio yang bersaing ketat menarik perhatian masyarakat. Baiya operasioanalnya pun tidaklah sedikit, sehingga mengatur manajemenya pun tidak bisa main-main.

Radio PBS FM adalah radio yang cukup di kenal oleh masayrakat Serang, dan eksistensinya pun dapat diperhitungkan sampai sekarang. Walaupun pada saat sekarang ini hasil survei menunjukan Radio PBS berada di peringkat ke-2 di Serang, yang pertama yaitu, Radio SERang FM. Namun tetap Radio PBS FM dikenal dengan radio untuk semua usia dan acara-acaranya yang khas, sehingga menjadi keunggulan yang membedakan radio PBS dengan radio lainnya.

Dalam sehari lebih daeri 300 SMS yang masuk untuk mendukung program-program acara yang berlangsung dan bila sedang cukup ramai biasanya lebih dari 15 iklan yang tayang per-jamnya, bila sedang sepi sekitar 8 iklan perjamnya. Faktor-faktor diatas turut menentukan eksistensi dan rating sebuah radio. Sehingga bila mana sebuah radio lebih banyak memutarkan lagu dari pada iklan bisa disimpulkan radio tersebut kurang berhasil dalam manajemennya.

B. Saran

Berdasarakan hasil dari pembaasan inimaka penulis inin memberikan beberapa saran yaitu :

1. Bagi yang ingin mendirikan usaha jasa penyiaran Radio, sebaiknya harus mengenal lebih dalam tentang dunia penyiaran, agar dapat menjalankan usahanya secara efektif.

2. Pentingnya mengenal karakteristik masyarakatnya agar tujuan yang disampaiakan tepat pada sasaran.

DAFTAR PUSTAKA

Manullang, M. 2005. Dasar Dasar Manajemen. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Nasehatun, Apandi. 1999. Budget dan Control Sistem Perencanaan dan Pengendalian Terpadu Konsep dan Penerapannya. Jakarta : PT. Grasindo.

Judhariksawab, 2005. Pengantar Hukum Telekomunikasi, Jakarta : PT.. Raja Grafindo Persada.

L. Rivers, William, W. Jansen, Jay, Peterson, Theodore. 2003. Media Massa dan Masyrakat Modern, Jakarta: Prenada Media

Katiman, Maman. Direktur Utama PBS FM, Serang : Senin, 21 Desember 2010

Bambang, Penanggungjawab Siaran PBS FM Serang : Sabtu, 19 Desember 2010.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah : Media Critical Theory

MAKALAH TWITTER

Teori Komunikasi BAB III Tradisi-tradisi Komunikasi (Semiotika, Fenomenologi, Sibernetika, Sosiopsikologi)